Cara Mencuci dan Merawat Tas

by lomberg-bags on Jan 4, 2017

Berikut adalah informasi cara membersihkan tas dari berbagai macam bahan seperti tas kanvas, tas kulit, tas denim, dan tas lainnya. Nantinya post ini akan diupdate agar bisa memuat semua informasi cara membersihkan tas dari segala jenis bahan.

A. Cara membersihkan tas denim
http://2.bp.blogspot.com/-1ePY6H1tXvk/VClRpNSpfQI/AAAAAAAABvA/ZdGV5SLachw/s1600/Malacca%2BNavy%2B%26%2BBlack.jpg

Pertama kami ingin membahas cara membersihkan bahan dari tas denim. Tas berbahan dasar denim tentunya lebih mudah dirawat dibanding jenis tas dari bahan lainnya.
Biasanya tas denim dapat dicuci setiap 3 bulan sekali, dan jika tas berbahan dry denim maka ketika dicuci warnanya akan fading dan tentunya membuat tas semakin menarik dilihat karena ada efek fading.


Berikut adalah cara membersihkannya:
1. Jangan menggunakan deterjen apapun dalam mencuci tas denim. Anda cukup gunakan air biasa untuk mengelap tas.

2. Dalam mencuci tas denim cukup dibilas dengan tangan, dan jika ada noda yang kotor dapat anda sikat dengan menggunakan sikat yang halus.

3. Pada saat anda mencuci tas denim ada 2 teknik yakni:
- Mencuci dengan air dingin, agar warna denim tidak terlalu fading.
- Mencuci dengan air panas sekitar suhu 40 sampai 60 derajat, dengan cara ini maka denim akan membentuk efek fading yang lebih kontras.

4. Setelahnya keringkan dibawah sinar matahari yang tidak terlalu terik.

Sekian cara membersihkan tas denim, untuk lebih lengkap tentang cara memberihkan tas denim dapat anda lihat di: http://www.lombergbags.com/help/care-guide


B. Cara membersihkan tas kanvas

http://1.bp.blogspot.com/-OGKlBD_-l3s/VC4YtTL-9SI/AAAAAAAABwI/bTje64-XBIs/s1600/lomberg%2Bcanvas%2Bmaroon.jpg

Tas berbahan kanvas adalah tas yang paling umum ditemui di pasaran. Merawat tas berbahan dasar kanvas tentunya mudah, tapi tentunya perlu perhatian khusus agar warna tas kanvas anda tidak pudar.


Berikut adalah cara membersihkan tas kanvas:
1. Keluarkan semua barang yang ada di tas kanvas anda, dan pastikan tidak ada barang yang tertinggal.

2. Ambil wadah berisi air dan basahi kain / busa untuk digunakan mengelap permukaan tas yang kotor.

3. Gosok permukaan tas kanvas anda dengan lembut, sehingga tas menjadi lebih bersih.

4. Jika ada noda pada tas, hal tersebut bisa dihilangkan dengan menggosokan busa yang dituangkan sabun cair seperti sabun cuci piring / detergen tapi sedikit saja.

5. Setelah selesai menggosok, bilas tas kanvas anda dengan air mengalir untuk menghilangkan noda-nodanya.

6. Jemur tas ditempat yang tidak terkena sinar matahari langsung agar warna tas tetap terjaga.


C. Cara membersihkan tas kulit asli


Membersihkan tas kulit asli dibutuhkan perawatan yang berbeda dari tas lainnya. Selain butuh waktu ekstra, perawatannya juga tidak bisa sembarangan, dan harus dilakukan dengan hati-hati.
Bahan tas dari kulit asli tentunya harus disimpan ditempat yang tidak pengap dan lembab.

1. Hindari menggunakan pembersih sintetis yang mengandung minyak. Lebih baik anda membeli bahan perawatan tas kulit asli di toko-toko tas yang menyediakan pembersih khusus agar tas anda tetap awet.
Anda juga dapat menggunakan sabun khusus tas kulit yang bernama saddle soap / krim pembersih khusus kulir.

2. Dalam membersihkan tas kulit, anda dapat menggunakan spons atau kain microfibre. Kain jenis microfibre memiliki serta yang halus sehingga aman untuk dipakai membersihkan tas kulit. Tuang produk pembersih tas kulit keatas spons atau kain tersebut, lalu gosoklah dengan lembut sampai mengkilap dan kulit tidak terlihat kusam.
Jika ada noda yang susah dihilangkan, maka anda dapat memakai sabun pelana. Sabun ini digunakan untuk membersihkan noda yang susah dihilangkan seperti cat. Tuangkan sabun tersebut pada kain microfibre, lalu gosoklah perlahan sampai noda tersebut hilang.

3. Dalam menggosok noda tas pada tas kulit asli, usahkan selembut mungkin agar bahan kulit tidak terkelupas.

4. Anda juga dapat memakai semir khusus tas kulit yang ditujukan agar tas kulit asli anda tidak mudah lembab dan terhindar dari jamur.

5. Dalam menyimpan tas kulit asli, udahakan jangan didekatkan pada tas lainnya. Karena jika tas kulit anda disimpan dekat dengan tas berbahan plastik, maka bahan plastik dapat menyerap bahan warna pada kulit, sehingga tas kulit anda bisa muncul bercak seperti terkena jamur.

Membersihkan tas kulit sintetis dapat anda gunakan juga cara seperti membersihkan tas kulit asli. Tentu saja anda tidak perlu produk khusus, tapi gunakan saja air sabun sebagai pengganti cairan pembersih. Noda kotor juga dapat anda gunakan sedikit alkohol serta kapas agar noda tersebut hilang dari tas kulit sintetis.

Berikut adalah tips lanjutan dalam mencuci & merawat tas:

1. Semua tas apapun bahannya, jangan direndam langsung dalam air, karena dapat membuat busa dan bagian dalam tas menjadi basah. Jika tidak dikeringkan dengan sempurna tentunya dapat menimbulkan jamur, mengurangi ketahanan benang, dan juga membuat busa menjadi lembab. Lebih baik dalam mencuci tas cukup dilap saja bagian luarnya dengan air.

2. Ketika tas anda ingin disimpan dalam waktu lama, simpanlah dengan menggunakan plastik dan selipkan silica gel. Lalu simpanlah diruangan yang tidak panas dan tertutup, alias di suhu ruangan normal.

Sekian tips mencuci dan merawat tas, informasi mengenai cara mencuci tas akan terus diupdate.

Anda juga dapat melihat koleksi tas denim Lomberg disini:
http://www.lombergbags.com/products/category/backpack